Mencerdaskan Otak Kanan

Intuisi yang tajam akan menunjukkan sesuatu itu terjadi. Dzikir dalam hati akan membuat sesuatu terjadi.

Upaya mencerdaskan atau memberdayakan otak kanan itu saya rasakan semakin hari semakin penting. Baik itu untuk kepentingan kehidupan kita sehari-hari, maupun kegiatan bisnis. Hanya saja, bagaimana sebaiknya cara kita mencerdaskan otak kanan itu? serta, latihan apa yang perlu kita lakukan?

Saya kira, sebaiknya kita bisa melakukan hal-hal berikut. Pertama, kita harus lebih banyak menyukai kegiatan atau hobi di alam terbuka. Misalnya : berenang, memancing, bersepeda, berjalan-jalan, lari-lari, berkemah, atau hiking. Kegiatan ini dapat mencerdaskan otak kanan. Kedua, melatih diri untuk berpikir divergen atau menyebar, loncatloncat, bukan linier, berpikir yang aneh-aneh, dan suka humor. Sehingga, kita akan lebih mudah menemukan ide-ide kreatif.

Ketiga, mengaktifkan kemampuan bawah sadar kita. Latihan sederhana, misalnya bisa kita lakukan yaitu: di saat kita menerima pelajaran, mata dalam keadaan terpejam, atau mendengarkan radio sambil memejamkan mata tetapi tidak tidur.

Keempat, bisa lewat pendekatan religius, misalnya yang saya alami sendiri, yakni melakukan dzikir dalam hati. Dzikir dalam hati dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dzikir itu akan membuat sesuatu itu terjadi. Sementara, intuisi yang tajam akan menunjukkan sesuatu itu terjadi. Cara lain yaitu dengan melakukan sholat malam, atau Tahajud, dan sholat minta petunjuk atau Istikharah. Puasa juga dapat mencerdaskan otak kanan.

Berdasarkan pengalaman di dalam pelatihan kewirausahaan, saya berkali-kali mencoba melakukan test indikator minat otak pada peserta pelatihan. Teryata mereka umumnya lebih dominan otak kiri. Itu karena, selama mereka menuntut ilmu sejak masuk SD sampai perguruan tinggi, yang dicerdaskan hanya otak kiri.

Dalam konteks ini, jika kita mau mencerdaskan otak kanan, maka otak kiri otomatis semakin cerdas. Sebaliknya, jika otak kiri yang dicerdaskan, otak kanan tidak otomatis tambah cerdas. Sebab, otak kanan berkaitan dengan munculnya gagasan-gagasan baru, gairah dan emosi.

Sementara, otak kiri sangatlah berkaitan dengan hal-hal yang logis, linier, dan rasional. Namun, itu bukan berarti peran otak kiri diabaikan begitu saja. Otak kiri, saya kira juga tetap penting. Memang, ada saatnya seorang entrepreneur itu harus bisa saja menyeimbangkan pemanfaatan otak kanan dan otak kirinya.

Oleh karena itulah, sebagai seorang entrepreneur, maka kita harus terus berusaha mencerdaskan otak kanan. Dengan kita memiliki otak kanan yang cerdas, selain bermanfaat mempertajam intuisi kita, juga akan meningkatkan daya kreativitas kita. Kita lebih percaya diri, dan optimis dapat memenangkan persaingan bisnis.

Saya kira tidak hanya itu saja. Kita pun juga akan lebih sabar dan tabah di dalam setiap menghadapi berbagai cobaan hidup maupun bisnis. Kita akan merasa lebih nyaman dengan hal-hal yang kita lakukan, dan tak mustahil laju keberhasilan bisnis kita bakal meningkat.

5 responses to this post.

  1. hmmm menarik seklai artikel ini apalagi dengan shaaring pengalaman… salam kenal yaa :)

    Reply

  2. Posted by Mulyanto on April 8, 2009 at 3:00 am

    Nice post Bro… Salam kenal

    Reply

  3. Posted by adi s on May 26, 2009 at 4:55 am

    Kan ktnya buat mlatih otak kanan kt bisa nglakuin aktivitas2 outdoor, spt renang, brspepeda, camping, dsb…
    Nah anehnya, knapa ada teman saya yg hobinya nglakuin keg outdoor, tpi dia ngga sepandai tmen2 yg laen…
    Apa bedanya org yg cerdas pd otak kiri dgn kanan? Lalu apa dpt dilihat dri sifat n prilakunya sehari-hari? Apa ada juga kaitannya dgn nutrisi mknan yg kt konsumsi?

    Reply

  4. Posted by Chanep on June 26, 2009 at 12:34 pm

    Oke.. Banget. Artikelnya.

    Reply

  5. ternyata, aku baru nyadar kalo selama ini otak kanan kiriku tak berjalan, heheh

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: