Memulai Bisnis Jasa (Service)

Setiap orang punya ketrampilan (skill), pengetahuan (knowledge) dan pengalaman (experience), dan setiap orang dapat mengubah aset-aset tersebut yang mereka miliki menjadi sebuah bisnis yang berkembang.

Siapa Yang Bisa Berbisnis Jasa (Service)?
Jawaban sederhana — siapa saja dan setiap orang. Setiap orang memenuhi syarat karena setiap orang memiliki ketrampilan, pengetahuan dan pengalaman yang berbeda sehingga orang lain bersedia membayar dari bentuk servis yang bisa kita tawarkan, atau mereka mungkin juga bersedia membayar anda untuk mengajar ketrampilan atau pengetahuan spesifik kepada mereka.

Berbisnis servis tidak mengenal batas, siapa saja yang ingin untuk mendapat uang ekstra, bekerja dari rumah, atau mulai dan menjalankan perusahaan sendiri secara penuh bisa memulai bisnis servis, tidak perduli usia, pengalaman bisnis, pendidikan atau keuangan Anda sekarang.

Apa Keuntungan Menjual Jasa (Service)?
Banyak sekali keuntungannya dalam memulai dan menjalankan bisnis jasa, antara lain :

  • Tidak memerlukan modal yang terlampau besar dibandingkan bisnis produk dan produksi.
  • Tidak memerlukan tempat untuk penyimpanan barang.
  • Anda menjual jasa atau pelayanan dari ketrampilan (skill), pengetahuan (knowledge) dan pengalaman (experience) Anda.
  • Anda hanya dan dapat menduplikasikan diri Anda kepada team Anda agar mereka tau apa yang Anda inginkan dan team Anda kerjakan.

Gunakan Ketrampilan (Skill) Anda.
Anda jangan merasa cemas jika anda memiliki kekurangan ketrampilan dalam bisnis dan pengalaman di bidang lain seperti pengaturan waktu, menghubungi calon klien, menjual, merundingkan, pembukuan dan kemampuan untuk membuat iklan efektif dll sebab dengan adanya team yang baik dan ditambah latihan semua akan bisa dipelajari dan dikuasai.

Lalu pertanyaan yang paling penting adalah….

“Keterampilan yang mana yang bisa Anda jual sebagai jasa ?

Keterampilan yang mana pun yang anda miliki, itu adalah yang terbaik, dan yang penting dapat dipasarkan dan menjadi aset.

Misalnya:

  • Jika anda tahu bagaimana caranya untuk dengan selamat membawa seekor anjing, maka orang lain bersedia membayar anda untuk jasa yang anda jual yaitu ketrampilan berjalan-jalan dengan membawa seekor anjing.

  • Jika anda tahu bagaimana caranya untuk merencanakan dan membuat suatu pesta, maka orang lain bersedia membayar anda untuk sebagai perencana dan membuat acara mereka.

  • Jika anda tahu bagaimana caranya untuk memainkan piano, ini adalah ketrampilan Anda. Maka orang lain akan membayar anda untuk mengajarkan kepada mereka.

  • Jika anda tahu bagaimana caranya untuk menjual produk dan servis online, sekali lagi itu adalah ketrampilan Anda. Maka orang lain bersedia membayar anda untuk sebagai seorang konsultan pemasaran online.

  • Semua yang adalah contoh ketrampilan bahwa orang membayar orang lain untuk pelayanan atau mengajar mereka bagaimana caranya untuk belajar.

Setiap orang mempunyai satu atau lebih ketrampilan sehingga orang lain bersedia untuk membayar bentuk jasa atau pelayanan yang Anda tawarkan dan sediakan, atau bisa juga untuk mereka belajar. Namun kadang Anda kurang memperhatikan dan underestimate the true value dari ketrampilan, kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki.

Anda mesti ingat, apa yang mungkin datang secara alami ke diri anda (kemampuan, ketrampilan dan pengalaman) mungkin tidak datang begitu alami ke orang lain. Demikian juga anda, mungkin anda berpikir pengetahuan atau keahlian khusus anda tidak atau kurang bernilai, tetapi jika orang lain perlu atau mau mengetahui tentang pengetahuan itu, maka sangat berharga bagi mereka.

Dari Milis Entrepreneur University

3 responses to this post.

  1. Posted by haidar islami on November 28, 2008 at 1:55 am

    mau tanya nih ? selama ini saya buka service elektronika dirumah, saya ingin dipublikasikan di internet gimana caranya supaya efektif

    Reply

  2. Posted by vicky on March 14, 2009 at 7:12 am

    saya mau tanya apa saja contoh bisnis jasa yang tidak membutuhkan banyak dana… ?
    contohnya saya dan teman-teman saya masih SMA …
    setelah lulus nanti akan membuka bisnis jasa…
    mohon bimbingannya

    Reply

  3. saya sangat setuju pada tulisan tersebut, jual jasa adalah peluang bagi kita yang kekurangan financial namun masih punya modal karunia Tuhan yang tak bisa dimiliki semua orang, yaitu “akal,akal…akal”

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: