Prinsip Sukses Klasik: Mintalah Apa Yg Anda Inginkan

Prinsip ini berlaku di mana-mana dan dilakukan oleh siapa saja. Seorang politikus meminta dukungan kepada konstituennya, seorang karyawan meminta kenaikan gaji kepada bossnya, seorang istri meminta tambahan uang belanja kepada suaminya, seorang anak meminta hadiah kepada orang tuanya, semua orang meminta apa yang diinginkannya.

Bagaimana dalam bisnis? Prinsip ini juga berlaku. Bahkan jadi suatu keharusan. Semakin sering anda meminta, semakin sukses bisnis anda. Mintalah pelanggan anda agar melakukan pembayaran lebih cepat, mintalah supplier anda agar memberi diskon lebih banyak, mintalah pemilik properti yang anda sewa agar tidak menaikkan harga, mintalah karyawan anda agar lebih disiplin, mintalah bank anda agar memperpanjang jangka waktu pengembalian pinjaman, mintalah ….

Waktu bisnis saya dalam keadaan sakit, saya memberanikan diri untuk meminta kesediaan Pak Tung DW agar bersedia menjadi business coach saya. Saya tidak pikir panjang apakah beliau bersedia atau tidak. Yang penting minta dulu. Kalau dipikir-pikir, mana mungkin dia mau buang-buang waktu untuk membantu perusahaan kecil seperti milik saya. Nyatanya dia bersedia.

Waktu bisnis saya mulai bangkit, saya memberanikan diri untuk meminta kepada sebuah perusahaan garmen besar dan sudah go public untuk menjadi supplier salah satu produk saya. Alhamdulillah, mereka bersedia membantu.

So, mintalah apa yang anda inginkan. Memang tidak pasti dikabulkan. Tapi, bagaimana orang lain bisa tahu keinginan anda kalau anda diam saja?

Badroni Yuzirman
http://www.roniyuzirman.blogspot.com/

Leave a Reply

