Uang Berserakan Di Mana-Mana

Demikian kata Pak Haji A, saat saya bertemu lagi dengannya Rabu 21 Desember 2005 lalu. Dia adalah orang yang saya ceritakan dalam tulisan terdahulu berjudul Silaturahmi Membawa Rejeki.

Sebagai seorang pengusaha sukses, dia selama ini menjadi inspirasi dan mentor saya. Garmen dan properti adalah bisnis utamanya. Untuk garmen, bisa dibilang dia termasuk disegani di Indonesia.

“Roni, lihat, uang berserakan di mana-mana. Tangan saya cuma dua, tidak sempat mengemasinya” katanya. Saya mengangguk-angguk meng-iyakan, dengan sedikit bingung. Maklum, dunia garmen sudah jadi makanan sehari-harinya. Ibarat orang ingin melihat isi rumah, dia bisa melihat melalui pintunya, sedangkan saya baru bisa mengintip melalui lubang kunci.

“Sekarang kamu mau bisnis apa? Busana pria, wanita, anak, sprey, sepatu, apa pun bisa kita lakukan. Mau impor dari Cina, Thailand, Korea, boleh juga. Pasar kita terbuka luas. Uang berserakan di mana-mana. Saya gregetan, begitu banyak peluang di depan mata dilewatkan oleh anak-anak muda seusia kamu. Usia saya sudah di atas 50, tangan saya cuma dua, kemampuan saya tebatas sekarang. Kamulah yang harus maju melanjutkannya,” katanya dengan antusiasme yang tinggi. Antusiasme itu menular. Saya pun jadi antusias.

Benar, dunia ini tergantung cara kita memandangnya. Bagi seorang entrepreneur yang optimis seperti dia, dunia ini penuh dengan peluang. Uang berserakan di mana-mana. Bagi orang yang pesimis, dunia ini tidak berpihak kepadanya. Baru mulai usaha, sudah dihadang kenaikan BBM, inflasi, UMR naik, persaingan ketat, dan sebagainya.

Anda pilih yang mana? Kalau saya pilih dekat-dekat dengan Pak Haji A. Biar kecipratan kayanya. He..he..he..

Roni,

  • My Business Blog: The Indonesian Lazy Man’s Way to Riches www.roniyuzirman.blogspot.com
  • My Business: Manet Busana Muslim Plus www.manetvision.com (A Direct Marketing Company) Sebuah Peluang Bisnis. Bergabunglah Menjadi Distributor. Tanpa Risiko. Garansi 30 Hari Uang Kembali
  • My Personal Blog: Roni’s Journey www.roni-journey.blogspot.com “To Know is Nothing At All, To Imagine Is Everything”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: